Selasa, 12 Februari 2013

Penjelasan Troubleshoot & Error

Troubleshoot.

Troubleshoot Komputer adalah segalah masalah yang timbul dari komputer disebabkan oleh Harware, software, dan juga brainware.

Troubleshooting komputer adalah segalah macam bentuk usaha untuk menyelesaikan masalah yang timbul dari komputer disebabkan oleh hardware, software, braiware.

Dua macam cara dalam mendeteksi trouble shoot.

Teknik Forward
teknik ini menggunakan pendeteksian masalah dari komputer dirakit dan belim di aliri listrik. yang termasuk dalam golongan teknik ini misalnya pemeriksaan kabel-kabel power kabel data maupun kopas apakah sudah terpasan dengan benar atau belum. pengecekan pemasangan card tambahan seperti VGA, Sound Card, LAN Card sudah terpasan dengan benar atau belum dll. 

Teknik Backward
teknik ini digunakan setelah komputer dinyalakan atau dialiri listrik, dari berbagai masalah komputer yang ada  banyak ditemui bahwa sudah dialiri listrik.yang termasuk dalam golongan teknik misalnya CD Room tidak bisa membaca CD yang dimasukan, Operating System tidak dapat bootyng dengan sempurna, dll.

Pendeteksian masalah paking banyak digunakan adalah teknik backware, dapat mendeteksi berdasarkan suara (beeb code ) tampilan (biasanya pesan error) akan berhubungan dengan masalah yabg terjadi pada system operasi dan disk drive.
sedangkan intuk pendeteksian dengan pengukuran biasanya berhubungan dengan arus listrik yang masuk ke power suplay atau motherboord.

EROR
Eror adalah ketidaktepatan, kekekoruan atau kesalahan yang disebabkan oleh perangkat lunak, perangkat keras dan manusia.
ada tiga kesalahan yang biasanya terjadi yaitu Logikal Error, Runtime Error, maupun Sintax Error.

Logikal Error disebabkan oleh kesalahan secara logika sehingga menyebabkan hasil yang diinginkan tidak sama. Jika terjadi kesalahan ini maka proses akan tetap berlanjut tetapi tidak akan berjalan sebagaimana mestinya atau tidak maksimal.

Runtime Error terjadi ketika program sedang dijalankan. Bentuk kesalahan ini bias diantisipasi oleh pembuat program atau system operasi untuk memberikan peringatan ketika error terjadi. Apabilah hal ini tidak dilakukan oleh pembuat program, maka program akan berhenti diproses/dilaksanakan.

Sintax error adaah kesalahan dalam penulisan perintah karena tata bahasa yang digunakan tidak benar.jika terjadi kesalahan ini maka proses tidak akan diberhentikan atau dilanjutkan sampai kesalahan yang terjadi dibenarkan dengan perintah yang benar.

Mg Bermanfaat..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar